Senin, 08 Juli 2019

KULIAH SAMBIL KERJA


Bisa kok, kerja sambil kuliah yang penting ada keMAUan aja

Semenjak lulus SMA aku langsung cari universitas untuk lanjutin kuliah, beberapa ada yang nyaranin aku berbagai macam universitas. Nah, aku sendiri bingung jurusan apa yang aku mau pilih ? mmm dan aku cuma tau akuntansi atau managemen. Padahal pingin banget jadi guru Matematika heheheh, tapi yaudah ngga papa aku ambil aja akuntansi dan masalah tempat kuliah aku pilih yang paling deket dari rumah aja, yes akhirnya aku kuliah di STIE-BI deket dari rumah bisa gampang banget aksesnya Cuma satu kali naik angkot. Nah, gimana buat uang bayar kuliahnya ? karena aku niatnya mau bayar sendiri, tapi waktu masuk kuliah aku belum dapet kerja, aku masih di biayain sama orang tua untuk daftar dan lain-lainnya, nah untuk semester selanjutnya baru bayar sendiri. Emang bisa langsung dapet kerja, kan baru lulus ?? Pasti bisa ko, asalkan kita berusaha, berdo’a dan ikhtiar. Namanya baru lulus SMA belum ada pengalaman apa-apa ya tulis aja CV datengin perusahaan-perusahaan yang membutuhkan lowongan, apa aja deh yang penting jangan pilih-pilih mau jadi manager atau mau jadi ini atau itu. Nanti, kalau udah punya pengalaman di dunia kerja baru kita bisa pilah-pilah dan cari passion kita dibidang yang mana. Gituuuu
Dari pengalaman aku, ya begitu aja lalui step-stepnya dan aku berpedoman dengan kata-kata ini “SHINTA PASTI BISA”
Untuk awalnya kerja sambil kuliah pasti ada kagetnya karena waktu, pikiran dan tenaga bener-bener harus dibagi. Tips cari pekerjaan yang bisa menyesuaikan jadwal dengan kuliah, kalau aku ambil reguler malem (kuliah malem). Jadi, aku siang bisa kerja alhamdulillahnya lagi setiap aku dapet kerjaan selalu ngga pernah bentrok sama jadwal kuliah. 

Kerja : 09.00 sd 18.00 
Kuliah : 19.00 sd 22.00 (tergantung dosen juga)

Gimana kalau ada tugas kuliah ?? ya, pasti harus dikerjain, kalau aku ngerjain tugas kuliah pas malemnya, biasa pulang kuliah jam 10 malem diperjalanan paling setengah jam nyampe rumah bisa istirahat, makan, sholat baru ngerjain tugas setelah selasai bisa tidur. Harus pinter-pinter kita ngatur waktu kalau udah kerja sambil kuliah gaaeeeesssss.

Lama-lama terbiasanya, enjoy aja jalaninnya 
Nah, untuk atur uang setelah gajian juga harus dirinciin, kalau aku sering tulis dibuku keperluan sebulan kedepan apa aja dan harus nabung juga, buat uang jaga-jaga.
Contohnya:

Gaji : = xx
Keperluan: (Jumlahkan 1+2+3+4+5)
1. Bayar kuliah = xx
2. Kasih orang tua = xx
3. Jajan = xx
4. Transportasi (bensin) = xx

5. Nabung = xx

Gaji-Keperluan=Hasil

Kalau nyampe minus harus cek lagi apa yang harus dikurangi, mungkin uang jajan kebanyakan.Kalaulebih lagi bisa di tabung lagi untuk nanti tambahan wisuda
Kerja sambil kuliah, aku belum bisa konsisten nabung berapa soalnya kadang juga kalau tiba-tiba ada ujian terus bayaran kuliah juga tambah lagi dong pengeluaran buat bayar ujian, aku ngga bisa kasih orang tua, dan orang tua pasti tau ko kondisi kita, namanya kerja sambil kuliah mereka pasti bangga loooh.
Pokoknya sehemat-hemat kita, jangan boros-boros. Boleh hangout bareng teme sekali-kali aja, kalau keseringan bakalan habis duitnya buat jajan, soalnya di Jakarta pasti hangout ke mall kan yaa, pasti makan harus bayar parker juga heheheh. Harus, sabar dulu

Selain harus hemat uang, kita juga harus jaga badan. Dulu aku seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali lari pagi karena tubuh kita juga butuh oksigen dan butuh olahraga, tau sendiri ya kan pagi sampe sore di tempat kerja malemnya di kampus gerakannya cuma duduk aja hehehehe dan itu-itu aja. Kalau emang mau juga minum vitamin dulu akun minumnya enervon-C tapi juga harus baca aturan pakai.

Tahun 2017 aku bisa wisuda dengan nilai IPK baik. Aku bangga bisa kuliah sambil kerja, bisa merasakan gimana susah, sedih, seneng pasti kita dapet toga foto bareng keluarga dan temen-temen seperjuangan yang tiap malem ketemu di Kampus. 


Shinta Setelah Sidang












Yes, I can do it !






4 komentar:

  1. selamat shin sudah di wisuda..

    BalasHapus
  2. Iyah, makasih. Wisudanya udah tahun 2017 hihihi

    BalasHapus
  3. La trus gimana kok sekarang bisa kurus? 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti aku buatin blognya gimana aku bisa kurus ya heheheh

      Hapus

Silahka beri saran 😁

TIDAK SEMUA SUKA KAMU, BE YOURSELF

Haii everyone, Aku mau nulis beberapa yang ada di isi kepala aku akhir-akhir ini Ternyata beberapa orang, memperhatikan kita dari beberapa s...